Duta Walet, Via SMS : 0813-4884-9779, Banjarmasin, Kalsel

Jumat, 10 Februari 2012

Menciptakan Lintas Koloni Burung Walet di Lokasi Asing (bukan Buruan, bukan Lintasan dan bukan Sentral)...

Sudah lazim bagi gedung-gedung walet yang berlokasikan di wilayah yang bukan BURUAN, bukan LINTASAN dan bukan SENTRAL akan mengalami KRISIS burung walet (sepi burung walet) dalam waktu yang sangat lama. Bahkan boleh dikatakan HANYA KEGAGALAN MAKSUD GEDUNG yang akan didapatkan oleh pemiliknya. Namun demikian anda tidak perlu khawatir akan hal-hal tersebut. Sebab saya sudah pernah mengalami derita dan pahit getirnya berada pada kondisi tersebut, yaitu di WILAYAH NANGABULIK (dekat JEMBATAN KUJAN) kabupaten LAMANDAU - PANGKALAN BUN. Untuk wilayah tersebut, SAYALAH ORANGNYA YANG MEMBURUNGKAN GEDUNG WALET PERTAMA KALI DAN PERTAMA KALI. Waktu itu belum ada satupun gedung walet yang beroperasi di daerah itu. Alasannya KARENA TIDAK ADANYA BURUNG WALET YANG MELINTAS, APALAGI BERBURU MAKANAN. JELAS WILAYAH INI BUKAN PULA SENTRAL (seperti sekarang ini). Gedung sudah terlanjur didirikan oleh adik saya, tapi sayang, tidak seekorpun terlihat adanya burung walet. Apa yang saya lakukan? Pertama-tama yang saya lakukan adalah membunyikan SUARA KRIYAW dengan volume suara sedang setiap hari. Yaitu pagi hari mulai jam 05.00 wib s/d 10.00 dan untuk sore hari mulai jam 15.00 s/d 18.30 yang disambung dengan suara panggil yang dimaksudkan untuk memasukkan burung walet jika ada. Hari pertama sampai hari ketiga, hati agak terhibur dengan adanya 1 (satu) ekor burung walet yang berputar-putar dan mendekati gedung. Pada senja harinya, ketika suara kriyaw berubah digantikan oleh suara panggil, burung yang seekor itupun masuk kedalam gedung. Tetapi sayangnya sehabis magrib burung tersebut keluar dari gedung dan terbang tinggi yang kemudian menghilang dikegelapan malam. Menghadapi keadaan ini, saya berusaha untuk membentuk AROMA DIDALAM GEDUNG, tetapi kemana saya harus mendapatkan kotoran walet, sementara di daerah tersebut belum ada gedung walet lain yang berdiri. Untuk itu saya memberanikan diri untuk merangkak dibawah JEMBATAN KUJAN untuk mengumpulkan sarang burung KALI ELANG/BURUNG LAYANG-LAYANG yang mengandung AROMA MIRIP KOTORAN BURUNG WALET. Kemudian saya letakkan kedalam gedung secara merata. Benar saja, esoknya burung walet yang seekor itupun mau BERMALAM/MENGINAP. Selama 4 malam sudah burung yang satu ini menginap, namun belum juga ada kawannya. Saya pikir kalau begini terus-terusan bisa jadi burung tersebut hilang karena merasa KESEPIAN. Malam hari itu juga saya mendatangi gedung GORSENI Nanga Bulik yang sudah lama tidak terpakai lagi, sehingga banyak burung layang-layang di tempat tersebut. Saya tangkap beberapa ekor, kemudian saya suntik dengan vormalin untuk diawetkan. Burung yang saya awetkan tersebut saya tempelkan di sirip dimana burung yang satu itu berdiam. Al hasil, ternyata burung walet seekor tersebut mendempeti burung layang-layang awetan itu. Kemudian setelah dua minggu berikutnya, barulah tampak ada 2 (dua) walet yang mengawani walet (situan rumah) mengitari gedung dan keduanya BERMALAM, maka jadi 3 (tiga) ekor. Setelah 2(dua) bulan jumlah burung yang menginap kurang lebih 23 (duapuluh tiga) ekor. Sejak saat itu pemakaian kriyaw tidak lagi setiap hari, yaitu hanya 3 hari dalam seminggu. Adapun SUARA KRIYAW yang saya maksudkan adalah.........

6 komentar:

  1. First blog that is entirely Bahasa... wow..
    I will slowly translate each words..

    Just want to say "Hi boss" , Salam.

    BalasHapus
  2. Okay, so I buy burung walit.... at farmers' price.
    at Indonesian price..

    jadi saya pembeli di Amerika Serikat untuk sarang walet, untuk mangkuk dan sudut, putih .. kurang bulu .. tidak terlalu kotor .. Ukuran besar Ukuran ... Anda dapat menjangkau saya jika Anda memiliki jumlah besar.

    birdnestlove@gmail.com

    12 Februari 2012




    so I am buyer in USA for swiftlet nest, for bowl and corner, white.. less feathers.. not too dirty.. large size... you can reach out to me if you have large quantity.

    birdnestlove@gmail.com

    Feb 12th, 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam untuk Anda..., Saya akan coba mengumpulkan sarang walet dari seluruh teman-teman saya. Kalau memang saya dapat mencapai jumlah besar, saya akan menghubungi Anda. Salam...duta walet.

      Hapus
  3. Salam kenal, saya bpk rahman dari samarinda…mas apakah suara kriyau ini tidak membahayakn burung walet dimana sama halnya dengan suara cek lokasi yang hanya mengumpulkan walet tapi wlet takut masuk sebagaimana bpk arif budiman melarang membunyikan suara cek di dekat gedung

    BalasHapus
  4. Hebat pak. Saya salut dari kondisi yang sulit menjadi berhasil. Karena yg bapak alami adalah saya alami sekarang dengan modal sangat terbatas saya rubah lt.2 rumah saya menjadi rbw. Saya menggunakan suara kriyaw cek lokasi memang banyak burung diatas. Ttapi tidak mau masuk. Saya akan coba cara bapak untuk meng combine suara tersebut di rumah saya lt.2. Saya hanya menggunakan ruangan keluarga dan rumah monyet kecil 1,2x1,2 tinggi 1m saja. Dengan ukuran tersebut apakah burung bisa menukik? Saya ada speaker atap, speaker LMB dan speaker tarik di void rumah monyet. Sebaiknya di pasang dimana suara kriyaw ini. Mhn saran. Salam hormat dan terimakasih.Aditya - semarang

    BalasHapus

Komentar anda yang berupa kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan. Terimakasih sebelumnya.