Duta Walet, Via SMS : 0813-4884-9779, Banjarmasin, Kalsel

Sabtu, 16 Februari 2013

Pola Lubang Masuk Burung(LMB) Pada Menara Gedung Walet

Dalam pengembangan burung walet teknik Lubang Masuk Burung(LMB) pada bagian menara gedung memiliki bermacam-macam pola. Ada yang memakai LMB majemuk atau Lubang Masuk lebih dari satu dan ada pula yang memakai lubang tunggal yaitu hanya satu Lubang Masuk Burung. Baik yang memakai pola lubang tunggal maupun yang majemuk, keduanya memiliki persamaan tujuan yaitu untuk memasukkan burung walet kedalam gedung. Berikut saya berikan contoh menara dengan pola lubang tunggal dan rahasia didalamnya. Gambar kasarnya seperti berikut :



Pada gambar diatas nampak Lubang Masuk Burung(LMB)yang biasanya dibuat dengan ukuran sedang yaitu kurang lebih 30cm x 60cm. Dikedua sisinya dipasang 2(dua) buah tweeter yang lazim dipergunakan untuk suara panggil luar. Jenis tweeter yang dipakai biasanya relatif bervariasi tergantung pilihan yang dianggap baik oleh masing-masing pengelola gedung. Tetapi kalau saya biasa memakai jenis tweeter Audax AX-93 untuk panggil luar yang saya letakkan dikedua sisi atau dikanan kiri lubang masuk burung. Contoh gedung walet sederhana yang dilubang masuk burungnya memakai 2(dua) buah tweeter Audax AX-93 disisi kanan kirinya adalah di VIDEO ini.

Kemudian pada dinding sebelah dalam yaitu yang berseberangan dengan dinding lubang masuk, diletakkan 1(satu)buah tweeter pancingan(tweeter transit) dari jenis Audax AX-65 atau AX-61. Pada gambar diatas lubang void terletak persis dibawah lubang masuk luar. Oleh karena itu untuk menghindari masuknya cahaya yang berlebihan maka tepat dibawah lubang masuk bagian dalam perlu diberi sekat horisontal(menyamping) seperti lapak meja yang dipasang menempel pada dinding dibawah lubang masuk. Jarak antara sisi bawah lubang masuk dengan sekat lapak meja tersebut kurang lebih 20cm. Sedangkan ukuran untuk sekat lapak meja tersebut lebar=80cm dan panjang=sepanjang dinding. Pada sisi lubang void tepat dibawah sekat tadi, diletakkan tweeter Fokus Tarik yang dipasang mengarah ke tweeter pancingan(tweeter transit). Gunanya untuk menarik dan menfokuskan perhatian burung hanya kearah lubang void (lubang turun) ke ruang inap. Untuk jelasnya perhatikan gambar berikut ini :


Cara merangkai jalur masing2 tweeter adalah : Tweeter transit atau pancingan dijadikan satu jalur dengan tweeter panggil lubang masuk luar dan ini dinamakan panggil-1 yang sistemnya diatur dengan timer(pengatur waktu). Kapan waktunya on dan kapan waktunya off untuk suara luar dan suara transit tersebut. Kemudian untuk tweeter lubang void dijadikan satu jalur dengan sesama tweeter void yang lain, dan ini dinamakan panggil-2 dengan sistem ON nonstop. Sedang untuk rangkaian jalur tweeter pemandu yang dinamakan panggil-3 sudah saya terangkan pada posting saya sebelum ini. Silahkan cari di katagori posting(lihat dibagian pinggir halaman ini). Lihat contoh Mesin Pemanggil Burung Walet yang memakai fitur 3 channel panggil sesuai keperluan tsb :



Suara yang dipakai baik panggil lubang masuk luar, suara transit(pancingan), fokus tarik(void) dan pemandu adalah sama. Berikut saya sajikan salah satu jenis suara panggil yaitu : FOT

Demikian ulasan singkat tentang Pola Lubang Masuk Burung(LMB) Pada Menara Gedung Walet pada kesempatan kali ini. Silahkan simak juga artikel sebelum ini Cara Merubah Rumah Burung Seriti Menjadi Rumah Burung Walet . Dan untuk keperluan informasi, anda dapat menghubungi saya melalui alamat berikut ini via sms :

Duta Walet, 0813-4884-9779
Sedangkan infomasi tentang Mesin Pemanggil Walet dan Fiturnya bisa anda lihat DISINI.

Sebelum anda meninggalkan artikel ini, saya berharap kesudian anda untuk membantu saya dengan cara memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun melalui kotak komentar dibawah ini.Terimakasih atas kunjungan anda … salam.

9 komentar:

  1. Duta walet, Mohon kiranya di berikan pembahasan cara merangkai sambungan tweeter yg benar dan tepat.. Serta penggunaan kapasitor.. Btw, thanks2 atas artikel2nya.. Sangat bermanfaat. Jazakallah khair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sarannya, insyaallah akan saya artikelkan dengan segera....

      Hapus
  2. semoga bermanfaat kalau mau k e riau hubungi saya mas semoga kita bisa jadi kawan yang baik

    BalasHapus
  3. kira kira suara yang cocok untuk daerah pangkalan bun kalteng suara yang mana ya?

    BalasHapus
  4. suara inap yang bagus yang mana ya. gimana cara kita mengetesnya.

    BalasHapus
  5. setelah saya terapkan apa yang mengenai pola lobang masuk ini, ada kemajuan di rbw walet saya. tapi rbw saya tidak mengarah arah burung pulang, tapi menyamping. apakah sudah cukup bagus atau ada solusi yang bagus boss?

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak atas ilmunya semoga bermanfaat bagi kta semua. Amin

    BalasHapus
  7. Kira2 berapa harga mesin pemanggil....?

    BalasHapus

Komentar anda yang berupa kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan. Terimakasih sebelumnya.