Duta Walet, Via SMS : 0813-4884-9779, Banjarmasin, Kalsel

Jumat, 15 Februari 2013

Cara Merubah Rumah Burung Seriti Menjadi Rumah Burung Walet

Hampir semua burung seriti yang menempati dan bersarang dirumah-rumah tidaklah memerlukan pemanggilan dan tidak pula disengaja oleh si pemilik rumah. Kejadian seperti itu sama dengan goa-goa walet. Kita dapat membedakan burung seriti dan burung walet tersebut salah satunya dengan memperhatikan keadaan sarangnya. Sarang burung seriti secara umum banyak mengandung campuran daun2 seperti daun cemara, ujung2 rerumputan dan lain-lain yang direkatkan dengan air ludah/liurnya hingga membentuk sarang mirip setengah mangkok kecil yang menempel. Sebaliknya burung walet dalam hal membuat sarangnya hampir 100% memakai air ludah/liurnya. Dari keadaan komponen sarang tersebut dapat diketahui ciri2 dari kedua jenis burung tersebut. Yaitu burung seriti bisa hinggap dan bertengger diranting2 pohon atau semisal itu. Hal ini memungkinkan burung seriti ini untuk mengambil daun2 sebagai campuran pembuatan sarangnya. Dan sebaliknya burung walet tidak bisa hinggap secara bertengger seperti layaknya burung seriti, sehingga dalam hal pembuatan sarangpun burung walet terpaksa memakai air ludah/liurnya hampir 100% disamping bulu2nya yang kadang-kadang ikut melekat. Perbedaan lain yang sangat menyolok antara keduanya adalah : Kalau burung walet dapat dengan cepat merespon suara2 panggil walet, maka sebaliknya burung seriti tidak akan merespon sama sekali. Demikianlah sedikit ulasan perbedaan kedua jenis burung tersebut, selanjutnya kita akan membahas cara mengganti burung seriti dengan burung walet yang mendiami suatu rumah atau gedung.

Pertama: Buatlah sebagian ruangan inap seriti tersebut menjadi gelap dengan cara memberikan sekat pembatas, misalnya dengan plywood atau semacamnya. Tetapi tetap dibuat lubang penghubung antara ruang baru yang gelap dengan ruang inap seriti yang tidak terlalu gelap dengan ukuran lubang kurang lebih 50cm x 80cm. Hal ini untuk menjaga kemungkinan burung walet memasuki rumah/gedung melalui lubang masuk seriti. Kemudian buatlah lubang masuk lain yang menembus ke ruangan yang gelap dari hasil penyekatan tadi dengan ukuran 25cm x 40cm dan pada lubang ini dipasang tweeter panggil jenis AX-61. Begitu juga diruang inap calon walet dipasang juga tweeter2 inap secukupnya dan tidak perlu banyak.    

Kedua : Pemakaian suara panggil dan inap haruslah 1(satu) jenis, artinya baik panggil maupun inapnya haruslah sama atau 1(satu) suara saja. Suara yang biasa saya pakai untuk keperluan hal tersebut adalah INAP SEGAWE

Ketiga : Setting volume suara sedang, artinya tidak terlalu nyaring dan tidak juga terlalu pelan. Sedang atau tidaknya suara harus berpedoman pada respon burung walet yang ada disekitar tempat itu. Suara yang saya sajikan diatas itu adalah jenis suara dengan kwalitas papan atas. Jadi kalau sampai burung walet tidak merespon itu berarti setting volume yang anda lakukan belum benar.

Keempat : Tidak perlu melakukan putar telur yang ujung-ujungnya anak walet yang ditetaskan pasti selalu hilang. Sudah anak burung seriti tidak bertambah karena telurnya diganti, walet yang ditetaskan... hilang pula. Ini sama dengan kata pepatah : sudah jatuh....ketiban tangga pula.

Kelima : Diruangan bagian inap walet stabilkan kelembaban dengan meletakkan baskom-baskom yang diisi dengan air secukupnya. Sedang untuk menstabilkan suhu ruangan agar tidak pengap dan panas buatlah didinding ruang tersebut lubang-lubang ventilasi udara dengan memakai sambungan pipa berbentuk L guna meredam cahaya yang masuk.

Demikian ulasan singkat tentang Cara Merubah Rumah Burung Seriti Menjadi Rumah Burung Walet pada kesempatan kali ini. Silahkan simak juga artikel sebelum ini Resiko Memasuki Gedung Walet Malam Hari . Dan untuk keperluan informasi, anda dapat menghubungi saya melalui alamat berikut ini via sms :

Duta Walet, 0813-4884-9779
Sedangkan infomasi tentang Mesin Pemanggil Walet dan Fiturnya bisa anda lihat DISINI.

Sebelum anda meninggalkan artikel ini, saya berharap kesudian anda untuk membantu saya dengan cara memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun melalui kotak komentar dibawah ini.Terimakasih atas kunjungan anda … salam.

6 komentar:

  1. maaf pak suwara panggil masih belum efektif direspon burung walet ?tolong suwara panggil yg teruji?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim bisa pilih diantara sekian banyak suara yang ada di blog ini... seperti PSSB, HH9, Master Track Raja, Track 3 Raja, Kejora-1, dll. Mudah2an ada yang cocok untuk wilayah Anonim.

      Hapus
  2. Blog cisoka Nyimak aja sob :-D

    http://cisoka.mywapblog.com
    walau beda subdomain kita tetap harus silatuhrahmi. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih dady nurhayadi atas kunjungan baliknya.... silaturahmi pasti akan membawa berkah....

      Hapus
  3. terima kasih pak atas pencerahan y,,,,
    segala sesuatu tergantung niat,,,,mudah mudahan semua y berniat baik
    amiiinn.....!

    BalasHapus
  4. Muhammad Janu31 Maret 2013 03.58

    gimana caranya membuat burung yang bermain dapat langsung menginap bos?

    BalasHapus

Komentar anda yang berupa kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan. Terimakasih sebelumnya.